Ziarah Makam Pahlawan, Wagubri : Generasi Penerus Harus Tau Tujuan dan Makna dari Ziarah

PEKANBARU – Ziarah ke makam pahlawan, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution sampaikan generasi penerus harus tau apa tujuan dan makna melaksanakan ziarah ke makam pahlawan. Apa lagi ziarah ini selalu dilakukan dalam momen-momen besar setiap tahun di Riau maupun di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Wagubri, Edy Natar Nasution usai mengikuti Ziarah Nasional dalam rangka peringatan Hari Uang Tahun (HUT) Ke-75 TNI Tahun 2020. Jumat (2/10) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma, Pekanbaru bersama Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan, Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka ST MM, Danlanal Dumai, Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC. Dikatakannya jika kegiatan ziarah kemakam pahlawan ini mengingatkan sejarah perjuangan pahlawan dalam berjuang membawa kemerdekaan yang saat ini dirasakan masyarakat. 

“Kemerdekaan yang udah diraih ini bukan didapatkan dengan begitu saja, tapi melalui perjuangan orang orang tua atau pahlawan kita sebelumnya. Maka itu dengan ziarah ini kita selalu menghayati dan mengingat perjuangan mereka,” katanya. 

Mungkin tidak banyak generasi-generasi yang belum begitu tau dam memahami apa maksud, tujuan atau makna dari ziarah ke makam pahlawan ini. Untuk itu harus di informasikan lagi sebagaimana mestinya agar bisa di pahami dan terus diingat kedepannya. 

“Melalui ziarah ini banyak peristawa-peristiwan penting yang bisa disampikan. Apa lagi para pahlawan ini juga tidak hanya dari TNI maupun Polri tapi juga dari tingkat masyarakat yang tidak dikenal identitas orangnya. Maka itu generasi kedepan harus memahami apa itu tujuannya ziarah dan tidak hanya sekedar seremonial yang diselenggarakan setiap tahun,” ujarnya. 

Lebih jauh kata mantan Danrem 031/WB ini, atas nama pemerintah provinsi Riau ia mengucapkan selamat ulang tahun Ke-75 TNI, dimana dengan kegiatan ziarah ini sudah tentu mengingatkan pada perjuangan pahlawan-pahlawan sebelumnya.

“Sekali lagi sebagai mewakili provisnir Riau, saya mengucapkan selamat ulang tahun Ke-75 TNI, semoga TNI tetap jaya kedepannya,” tuturnya.

Sumber : mediacenter.riau.go.id