SUSUN SOP PARIWISATA, RONI RAKHMAT TINJAU DANAU RUSA DAN PUNCAK KOMPE

Dalam rangka menyusun SOP Pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat langsung melakukan peninjauan ke destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kampar, Kamis (26/06/2020), salah satunya di objek wisata Danau Rusa dan Puncak Kompe. Peninjauan langsung didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kampar beserta jajarannya

Dalam kesempatan itu, Roni Rakhmat mengatakan, hasil pemantauan saya di lapangan tersebut nantinya akan dilaporkan kepada pimpinan (Gubri). dan menjadi salah satu bahan acuan untuk menyusun SOP Pariwisata di Provinsi Riau.

Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat mengatakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah memutuskan bahwa kabupaten dan kota yang berada di zona hijau dan kuning dapat mulai mempersiapkan pola adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman di masa pandemi. Untuk itu, Dispar Riau menggelar rapat koordinasi yang antara lain mengundang kepala Dinas Pariwisata se-kabupaten/kota di Riau untuk menyusun SOP tersebut.

“Kami telah menggelar rapat koordinasi yang dihadiri kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota di Riau. Pada rapat tersebu membahas SOP pariwisata di era new normal (normal baru) yang akan menjadi acuan bagi kabupaten/kota, sehingga SOP yang diterbitkan kabupaten/kota untuk usaha pariwisata bisa sama antarsatu kabupaten dengan kabupaten/kota yang lain,” Ujar Roni, Kamis (25/6/2020).

Ia mengatakan kepala Dinas Pariwisata yang hadir meminta agar Dinas Pariwisata Provinsi Riau ikut membantu mempromosikan bahwa pariwisata Riau siap untuk dikunjungi pada normal baru dan kabupaten/kota agar mempersiapkan diri untuk menyambut kunjungan wisatawan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Pelaksanaan SOP ini harus melalui tahapan prakondisi yakni edukasi, sosialisasi, dan simulasi sesuai dengan kondisi kawasan pariwisata alam dan memperhatikan karakteristik masyarakat di daerah masing-masing. Pengelola kawasan pariwisata alam harus menyiapkan protokol kesehatan dan manajemen krisis hingga ke tingkat operasional di setiap kawasan serta melakukan monitoring dan evaluasi selama fase prakondisi dan fase implementasi,” Ujar Roni.