SURAT GUBERNUR RIAU “DICUEKIN” BRK

Surat dari Gubernur Riau ke Manajemen Bank Riau Kepri perihal Restrukturisasi (keringanan) pembayaran pinjaman bagi UMKM dan ASN pada BRK dalam masa penanganan virus penanganan virus corona (Covid-19) ternyata hanya dianggap “angin lalu” alias “dicuekin”.

Hingga sore tadi pemotongan gaji ASN Pemerintah Provinsi Riau tetap dilakukan oleh manajemen BRK.

Hal tersebut diaminkan salah satu ASN pemprov Riau kepada Riaucenter.com yang enggan namanya dipublikasikan. Dia kaget gajinya ternyata tetap dipotong, padahal gubernur sudah mengirim surat permohonan keringanan kepada manajemen BRK.

“saya sangke setelah pak syam kirim surat tu, gaji kite-kite ni tak dipotong, Setelah ada pemberitahuan dari bendahara gaji saye ceklah atm tu ternyata apa tidak je yang ade lagi” ungkap ASN tersebut dengan logat melayu

“kalau lah surat pak syam tu dianggap ama BRK saye ni mengucapkan banyak terima kasih, keperluan sedang banyak pule selama anak-anak dirumah ni, mulai dari bayar listrik, beli kuota karena anak belajar nya online”

“tapi macam manelah, surat pak syam je tak dianggap same mereka, apalagi suara dari kami pns yang staf biase ni” ungkap pns tersebut dengan nada kesal

Untuk dapat diketahui sebelumnya bahwa Gubernur Riau Bapak Syamsuar telah mengirim surat ke manajemen BRK pada 15 April lalu. Surat tersebut disampaikan Gubernur Riau dalam rangka menindaklanjuti setelah diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 telah menimbulkan dampak terhadap perekonomian masyarakat.

Salah satu dampak pada UMKM setelah terjadi penurunan pendapatan pada Aparatur Sipil Negara (ASN), pada saat yang sama juga terjadi peningkatan konsumsi rumah tangga untuk kebutuhan menjaga diri dan anggota keluarga dari ancaman Covid-19.

Keadaan itu mengakibatkan menurunnya kemampuan UMKM dan ASN yang mendapatkan pinjaman dari perbankan untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman tersebut.

“Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini diharapkan agar BRk dapat memberikan restrukturisasi pembayaran pinjaman bagi UMKM dan ASN sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku,” bunyi surat Gubernur Riau, Syamsuar.

Penulis : Purnama

Editor : Beni H