Sukses Kelola Dana Desa, Koto Tibun Kampar Ditinjau Irjen Inspektorat Kemendes

Koto Tibun – Desa Koto Tibun Kabupaten Kampar dinilai sukses dalam pengelolaan Dana Desa dalam pengalokasian dan pemanfaatannya.

Hal ini setelah dilakukan peninjauan oleh Irjen Inspektorat II Kementerian Desa RI terhadap pengelolaan dana desa. Hal ini menindaklanjuti atas instruksi Presiden RI Joko Widodo terhadap penggunaan dana desa. Dimana ditegaskan tidak ada dana desa yang disalahgunakan begitu juga jangan ada Kepala Desa yang terjerat hukum akibat kesalahan pengelolaan Dana desa.

Peninjauan ini dilakukan langsung di Kantor Desa Koto Tibun Kecamatan Kampar, Jum’at (6/3) kemarin.

Tim Irjen Inspektorat II yang dipimpin oleh  Mustafa bersama orang anggota Romianto Sebayang, Khasan Basri, Danu Triatmaja dalam kunjungan tersebut didampingi oleh Musa SE beserta rombongan dari DPMD Provinsi Riau. 
Kedatangan tim ini disambut oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Febrinaldi Tridarmawan yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan dan Pembangunan Desa Elly Yudia, SE beserta staf Dinas PMD Kampar.

“Tujuan Kedatangan Irjen dari kemendes untuk melakukan uji petik perkembangan penggunaan Dana Desa di Kabupaten Kampar,” kata Mustafa.

Ditambahkan Mustafa bahwa Dana Desa merupakan salah satu anggaran yang sangat besar dikucurkan oleh pemerintah Pusat. “Untuk itu mari kita kawal bersama-sama mulai dari instansi pemerintahan sampai masyarakat desa itu sendiri. Di sana juga ada pendamping profesional mulai dari Tenaga Ahli bidang masing-masing di tingkat kabupaten, Pendamping Desa Bidang Pemberdayaan, Pendamping Desa Bidang Infrastruktur di tingkat Kecamatan dan ada juga pendamping lokal desa yang berada di desa-desa,” jelasnya.

“Manfaatkanlah anggaran Dana Desa sesuai dengan regulasi, potensi dan kebutuhan prioritas desa. Mari kita kawal bersama-sama Dana Desa untuk kemajuan desa dan masyarakat Kabupaten Kampar,” Kata Mustafa lagi. 

Sementara itu Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Febrinaldi Tridarmawan yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan dan Pembangunan Desa Elly Yudia, SE berharap atas binaan dan bimbingan dari Irjen Inspektorat Kemendes seluruh desa di Kabupaten Kampar dapat mengalokasikan dana desa dan BUMDes sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu Kepala Desa Koto Tibun  Hasbirullah, S.Pd sangat antusias dengan pembinaan dan bimbingan tentang pengelolaan dana desa serta bimbingan terhadap penggunaan dana desa dalam pengembangan unit BUMDes Usaha Pengadaan Air Bersih. 

Untuk saat ini baru dua dusun yang bisa dialiri Air Bersih. Harapan ke depan bisa pengembangan ke dua Dusun berikutnya. (MCR/Ajep)

Sumber : mediacenter.riau.go.id