Pemkab Komit Bangun Infrastruktur Jalan dorong Perekonomian Masyarakat

Dalam kunjungan kerja (Kunker) Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman ke Desa Kepenuhan Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Jum’at (6/3/2020) dalam rangka Musyawarah Pertaggungjawaban Bumdesa (MPTB) Sinar Gemilang dan Pengajian Akbar dan Istighosah Dalam rangka peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Selain dihadiri Bupati Sukiman, turut juga dihadiri Kadis DKPP Rohul Barikun SP, Perwakilan Dinas PMPD Rohul H. Emsar S.Sos, Camat Kepenuhan Hulu Agus Salim S.Sos, Plt Kepala Desa Kepenuhan Jaya Sugeng, Direktur Bumdesa Sinar Gemilang dan ratusan masyarakat Kepenuhan Jaya.

Pada kesempatan itu, Plt Kepala Desa Kepenuhan Jaya Sugeng mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohul H. Sukiman berkenan hadir dikegiatan ini dan menyerap aspirasi masyarakat terkait sejumlah Pembangunan yang menjadi skala prioritas.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat kita yang telah antusias menyambut pak Bupati dalam menghadiri acara ini mudah-mudahan acara kita ini diridhai Allah SWT, semoga aspirasi dan harapan masyarakat terkait pembangunan bisa terealisasi,” katanya Dihadapan Bupati Sukiman,

Plt Kades Kepenuhan Jaya Sugeng menyampaikan aspirasi masyarakat terkait harapan pembanguan insfrastruktur jalan aspal, karena jalan ini sebagai akses melancarkan transportasi untuk mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.

“Sebenarnya masyarakat Kepenuhan Jaya saat mengharapakan Pemkab membangun jalan aspal, ini lah harapan masyarakat karena jalan ini rusak, biaya atau cost yang dikeluar petani akan semakin tinggi, karena disini notabene masyarakatnya berkebun sawit,” kata Sugeng.

Sugeng mengaku saat ini Pemkab telah banyak berbuat untuk Desa Kepenuhan Jaya, baik disektor Infrastruktur, Pendidikan, Keagamaan, Sosial kemasyarakatan dan lainnya.

“Kita kemarin hanya tertinggal dalam mis komunikasi, tapi sekarang sudah mulai normal, harapan saya selalu bersama Pemkab dan masyarakat harus bersatu untuk Rohul maju, dengan harapan akses transportasi semakin baik,” harapnya.

Dalam laporan MPTB Bumdesa Sinar Gemilang tahun Buku 2019, Bumdesa ini berdiri sejak tahun 2012 dengan modal awal Rp 300 juta, kemudian berkembang dana perguliran mencapai Rp 3.120.803.850 dengan masyarakat pemanfaat 257 orang.

“Kemudian pada tahun 2019 kita mendapatkan bantuan keuangan dari provinsi Riau sebesar 150.000.000 yang insya Allah nanti akan digunakan untuk membuka usaha baru dibidang Gas LPG bersubsidi untuk masyarakat,” katanya.

“Untuk PADes kita mendapat Rp150 juta dalam hal ini diarahkan untuk gas LPG dan BRI Link, tujuan kita membuka LPG ini untuk membantu masyarakat, masyarakat sering mengeluh membeli gas LPG dengan harga mencapai Rp 50.00.000, atas dasar itu kita membantu masyarakat,” kata Sugeng.

Lanjut Sugeng, untuk izin dan surat menyurat untuk melengkapi persyaratan membuka usaha LPG sudah selesai, dengan harapan masyarakat bisa membeli gas LPG sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Terkait permintaan aspirasi masyarakat, Bupati H. Sukiman berkomitmen merealisasikan aspirasi masyarakat Kepenuhan Jaya dalam pembangunan jalan aspal, karena salah satu prioritas pembangunan di bawah kepemimpinannya disektor pembangunan infrastruktur jalan dalam konsep “Membangun Desa Menata Kota”, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Percepatan pembangunan jalan ini telah dimulai dimasa kepemimpinan saya saat ini, kita berupaya membangun jalan tahun ini menyesuaikan kemampuan keuangan daerah, pembangunan wilayah pedesaan selama ini kita prioritaskan,” kata Sukiman.

“Kita harapkan semakin cepat kita mulai membangun jalan itu, semakin cepat masyarakat merasakan hasil pembangunan dan semakin cepat pertumbuhan ekonomi, dengan harapan masyarakat bisa melancarkan hasil perkebunan,” katanya.

Mantan Dandim Inhil ini mengaku untuk membangun infrastruktur jalan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, apalagi postur APBD Rohul terbatas, maka pembangunan di 139 Desa, 20 Desa persiapan dan 3 Desa Eks Transmigrasi, infrastruktur jalan dibangun secara merata tanpa adanya perbedaan suku, ras dan agama.

“Ini menunjukkan komitmen kita dalam mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Kita komitmen membangun kampung halaman yang kita cintai ini dengan penuh kekompakan dan kebersamaan,” katanya.

Bupati Sukiman juga mengapresiasi Pengelolaan BUMDesa Sinar Gemilang Desa Kepenuhan Jaya, pasalnya dari hasil SHU dan perguliran dana mencapai peningkatan, sehinga berkontribusi untuk PADes dan membantu masyarakat kurang mampu.

“Kita harapkan masyarakat dan pengurus Bumdes jalin kerjasama yang baik antara pengurus dan bapak/ibu semuanya, karena kebersamaan kita akan lebih maju, saya minta pak Sugeng benahi terus Desa ini, sehingga desa ini lebih maju dan sejahtera,” pintanya.

Dikegiatan itu, Bupati Sukiman juga memberikan bantuan untuk penyelanggaraan Pengajian Akbar dan Istighosah senilai Rp 5.000.000. Bupati Sukiman juga meminta kepada Kepala Desa untuk membuat proposal pembangunan Mesjid Kepenuhan Jaya, karena untuk bantuan dana hibah harus sesuai dengan Proposal dan aturan yang berlaku, agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari. 

Sumber : rokanhulukab.go.id