PEDULI KESEHATAN WBP, RUTAN RENGAT GELAR PEMERIKSAAN KESEHATAN RUTIN BAGI WBP

RENGAT : Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rengat melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang bertempat di Aula Rutan Rengat Selasa 9 Juni 2020.

Kegiatan layanan kesehatan untuk warga binaan pemasyarakatan bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Pekan Heran. Dalam kegiatan ini dilaksanakan Rapid Test Covid-19, Screening HIV dan Screening Infeksi Menular Seksual.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 9 s/d 13 Juni 2020. Kegiatan ini diawali dengan pengarahan oleh Karutan kepada warga binaan.

Karutan Rengat Fauzi dalam sambutannya mengatakan bahwa kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali, begitu juga bagi WBP yang menjadi tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara (Lapas/Rutan) yang harus mendapat pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik. Pelayanan yang tersedia bersifat komeprehensif yang meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaaan kesehatan, pengobatan, rujukan ke pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan.

Sebelum dilakukan pemeriksaan tim dokter dari Puskesmas Pekan Heran memberikan pemaparan terkait rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dan pemberian pemahaman kepada wbp tentang Covid-19, HIV dan Infeksi Menular Seksual (IMS).


Hasil pemeriksaan hari pertama 100 orang WBP yang melakukan Rapid Test , Screening HIV dan IMS adalah sebagai berikut:
Covid-19: 0, HIV: 0.

Penulis : Agung

Editor : Beni