MISI DAGANG PROVINSI JAWA TIMUR KE PROVINSI RIAU “SINERGI MENJAGA STABILITAS EKONOMI MELALUI PENGUATAN KERJASAMA ANTAR DAERAH”

Dalam rangka mendorong roda perekonomian Indonesia sekaligus penguatan Program Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Pemerintah Daerah bersama Bank Indonesia bekerjasama menggelar kegiatan misi dagang yang dalam hal ini diinisiasi oleh Provinsi Jawa Timur. Kegiatan misi dagang tersebut merupakan upaya penguatan kinerja perdagangan dalam negeri, perluasan jaringan pasar produk unggulan termasuk komoditas ketahanan pangan dalam rangka pengendalian inflasi dan peningkatan kerjasama antar daerah. Selain itu, kegiatan misi dagang tersebut juga memfasilitasi pertemuan antara pelaku usaha di kedua Provinsi. Penyelenggaraan kegiatan misi dagang ini diharapkan dapat mendorong sinergi antar daerah sehingga dapat menjaga stabilitas inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan misi dagang, Bank Indonesia berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menyelenggarakan kegiatan Gala Dinner sebagai forum pra misi dagang untuk mempertemukan pelaku usaha antar daerah tujuan. Forum tersebut bertujuan untuk menggali potensi kerjasama, memetakanpermasalahan dan kendala dalam implementasi perdagangan antar daerah, serta sinergi dan dukungan Pemerintah Daerah dalam mempermudah akses perdagangan. Kegiatan Gala Dinner ini diselenggarakan di Hotel Grand Central Pekanbaru pada tanggal 4 Maret 2020.

Pada tanggal 5 Maret 2020 bertempat di Ballroom Hotel Grand Central kegiatan Misi Dagang dengan tema “Sinergi Menjaga Stabilitas Ekonomi Melalui Penguatan Kerjasama Antar Daerah” tersebut dilanjutkan dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi Riau dan Jawa Timur; Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Riau dan Jawa Timur; Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Peternakan Provinsi Riau dan Jawa Timur, Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau dan Jawa Timur; serta kegiatan temu bisnis dan transaksi bisnis antar kedua Provinsi. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Dra. Hj. Khofifah Indra Parawansa, M.Si selaku Gubernur Provinsi Jawa Timur, Bapak Drs. H. Yan Prana Jaya selaku Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Bapak Decymus selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Bapak Difi A. Johansyah selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, serta pelaku usaha dari Provinsi Riau dan Jawa Timur.

Sumber : Rilis BI Riau