Laboratorium Molekuler Covid-19 Riau Akan Beroperasi Bulan Ini

RIAUCENTER.COM :Laboratorium molekul untuk pengujian sampel pasien Covid19 di Provinsi Riau, dijadwalkan akan beroperasi minggu kedua atau minggu ketiga bulan ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Juru Bicara (Jubir) Covid19 Riau, dr. Indra Yovi. Terangnya, persiapan sudah sampai ke tahap perampungan ruangan laboratorium dan tinggal menunggu kelengkapan alat-alat dan reagen-reagen yang dipesan tiba. 

dr. Indra Yovi mengatakan, beberapa persiapan laboratorium yang telah dilakukan adalah konsolidasi tim, perampungan pembuatan laboratorium yang sesuai standar BSL 2+, SOP, serta pemesanan alat dan reagen yang sebisa mungkin sesuai dgn standar WHO.  

“Di dalam persiapannya, tim Lab Covid19 melakukan koordinasi dengan Laboratorium Centre Covid19 lain yang sudah lebih dulu beroperasi seperti BalitbangKes dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia,” katanya, Sabtu (04/04/2020).

Ia mengungkapkan, untuk perlu diketahui bahwa laboratorium Covid-19 ini merupakan lab molekuler yang melayani pemeriksaan RT PCR virus SARS CoV-2 sebagai gold standard diagnosis Covid-19, bukan sebagai lab untuk pendukung pemeriksaan rapid test.

Selain itu sebutnya, pengujian sampel di laboratorium tersebut juga dilakukan oleh tim profesional dari FK dan FMIPA Universitas Riau yang ditunjuk langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar.

“Lab pengujian sampel pasien Covid-19 ini terbentuk berdasarkan SK Menkes yang menunjuk RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau sebagai lab pemeriksa non surveilans,” ucapnya.

Jubir Covid19 ini berharap agar laboratorium tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dalam penanganan pandemi Corona seperti saat ini.

“Semoga ini bisa diselesaikan sesegera mungkin,” tutupnya.

Sumber : mediacenter.riau.go.id