Hadiri Pengukuhan BPAN H. Sukiman Resmikan Perpustakaan Adat Datuk Matoalang

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman yang bergelar Datuk Setia Amanah Panglimo Pukaso didampingi ketua TP-PKK Rohul Datin Hj.Peni Herawati Sukiman Hadiri Pengukuhan Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN ) Suku Bonai, selasa( 03/03/2020).

Acara juga dihadiri Ketua LAM Riau Datuk Seri Drs. H. Al-Azhar Gelar Datuk Raja Tuo, Datuk Tarlaili Gelar Datuk Mudo selaku Sekretaris LKA Riau, Datuk Isharuddin Selaku Bendahara Umum LKA Riau, Ketua LKA Ninik Mamak Tiga Suku Suku Bonai Samsibar Gelar Datuk Majopati, Datuk-Datuk Adat Kec. Bonai Darussalam, Pejabat Eselon II Rokan Hulu, Camat Bonai Darussalam, Kapolsek Bonai Darussalam, Danramil Bonai Darussalam, serta Kades Se Kec. Bonai Darussalam.

Pengukuhan BPAN ini dikukuhkan oleh Datuk Seri Drs. H. Al-Azhar Gelar Datuk Raja Tuo yang juga Ketua LAM Riau dan selaku Dewan Penasehat di BPAN , Kafrizal, S. Sos Selaku Ketua BPAN, Jauhari, S. IP Wakil Wilayah Bonai, Rajis Salam Wakil Wilayah Kasang Padang, Edi Sutia selaku Sekretaris, Lili Safitri selaku Bendahara, serta Sri Hayati KA. Bidang Kesenian Dan Budaya, berserta anggota, Zulkia KA. Bidang Pendidikan, beserta anggota, Yudi Prayogi KA. Keagamaan, beserta anggota.

Dalam sambutannya Kades Bonai Rais Am mengatakan setelah dikukuhkannya BPAN ini diharapkan bisa berjalan dengan baik serta dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dan generasi muda.

Sementara itu Ketua LAM Riau juga mengatakan bahwa dirinya sudah tiga kali hadir di Desa Bonai dan dengan itu dirinya melihat bahwa perkembangan Desa Bonai ini sangat Pesat.

“Mungkin pembangunan fisik tak seberapa akan tetapi pembangunan semangat masyarakat Bonai untuk berubah memperbaiki keadaan diri dan masyarakat sangat besar”, ungkapnya.

Tambahnya lagi terkait Pengukuhan BPAN semoga bisa menjadi tulang punggung sebagai upaya untuk memajukan Desa Bonai lebih baik lagi, Ketua LAM Riau juga berharap sepenuhnya rumah masyarakat bisa teraliri listrik dan pembangunan jembatan penyebrangan yang mana selama ini masih menggunakan Ponton milik Chevron, oleh karena itumasyarakat sangat membutuhkan akses  tersebut untuk menunjang ekonomi  masyarakat setempat, baik dari hasil perkebunan maupun usaha masyarakat di disana.

Bupati H. Sukiman dalam sambutannya juga berharap kepada BPAN yang baru di kukuhkan agar dapat melestarikan budaya dan adat yang kita miliki ini, kemudian kepada Datuk AL-Azhar  Bupati juga berterimakasih  yang mana telah memperhatikan dan membangunkan semangat dari pada pemuda, khususnya di Rokan Hulu.

Selanjutnya ungkap bupati lagi, terkait apa yang di sampaikan Datuk Al-Azhar tadi akan kita upayakan dan di tindak lanjuti, namun karena ini sudah masuk pertengahan tahun maka kemungkinan pembangunan akan ada di tahun 2021 nanti.

Di akhir acara ,Usai acara pengukuhan Datuk Setia Amanah Panglimo Pukaso juga meresmikan Perpustakaan Adat “Datuk Matoalang” Lembaga Kerapatan Adat(LKA) Ninik Mamak Tiga Suku Suku Bonai dan melanjutkan perjalanan meninjau lokasi Ponton yang nantinya akan di bangunkan Jembatan Penyebrangan.

Sumber: rokanhulukab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *