7 DESA DI KUANSING SUDAH SALURKAN BLT DD

TELUKKUANTAN – Tujuh desa di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa(DD) tahap I ke masyarakat. Dimana, ada 808 KK yang sudah menerima di tujuh desa tersebut.

“Alhamdulillah, tujuh desa sudah menyalurkan BLT DD tahap I ke masyarakat yang terdampak wabah Covid-19,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Napisman, Senin (18/5/2020) di Telukkuantan.

Adapun tujuh desa tersebut yakni Petai Baru Kecamatan Singingi sebanyak 101 KK. Kemudian desa yang berada di Kecamatan Singingi Hilir yakni Sungai Buluh sebanyak 166 KK, Suka Damai sebanyak 108 KK, Sumber Jaya sebanyak 159 KK, Bukit Raya sebanyak 89 KK dan Beringin Jaya sebanyak 136 KK.

Terakhir, satu desa di Kecamatan Pangean yakni Padang Kunik sebanyak 49 KK. Total keseluruhan dana yang telah disalurkan tujuh desa tersebut yakni Rp484,8 juta.

Dikatakan Plt Kadis  Napisman, sampai saat ini sudah ada 17 desa di Kuansing yang telah menerima DD. Namun, baru tujuh desa yang menyalurkan BLT tahap I ke masyarakat.

“Untuk 10 desa lainnya segera menyusul, rencana akan disalurkan dalam minggu ini,” kata Plt kadis Napisman.

Seperti yang diketahui, jumlah desa di Kuansing sebanyak 218 desa. Sebagian besar dari desa-desa tersebut agak lambat dalam menyelesaikan APBDes. Terlebih, adanya penyesuaian anggaran yang diminta oleh pemerintah pusat khusus untuk pengaman jaring sosial.

Menurut Plt kadis  Napisman, untuk saat ini semua desa sudah menyelesaikan APBDes-nya dan sedang mengajukan pencairan DD. “Pengajuan sedang berproses,” tutupnya.*

Sumber : kuansing.go.id